Minggu, 19 April 2009

DASAR-DASAR KETERAMPILAN BELAJAR ORANG DEWASA & MOTIVASI BELAJAR SEPANJANG HAYAT



Pada saat sumber daya manusia memutuskan untuk mengembangkan ilmu secara tertuju pada subjek tertentupada jenjang perguruan tinggi, diharapkan adanya pemahaman dari dalam dirinya bahwa pada jenjang ini kondisi belajar akan sangat berbeda jauh dari kondisi pada jenjang pendidikan sebelumya. Pada jenjang ini SDM diharapkan mampu menempatkan dirinya secara tepat sesuai kondisi fisik dan psikologisnya sebagai manusia dewasa dalam proses pembelajaran nantinya sesuai dengan kondisinya sebagai orang dewasa. Salah satu ciri gambling yang dapat dideskripsikan adalah suatu kemandirian.
Untuk selanjutnya sumber daya manusia ini disebut sebagai mahasiswa.
Dari macam jenis metode pembelajaran yang ada yakni conventional based learning dan problem based learning (PBL), telah dibuktikan oleh beberapa universitas dunia secara khususnya pada subjek kesehatan seperti yang telah diterapkan di sekolah-sekolah perobatan di Kanada dan Amerika pada tahun 1960an dan juga pada disiplin ilmu lainnya , kemandirian dari orang dewasa lebih dikembangkan pada metode PBL. Kemampuan berpikir pun lebih berkembang pada metode ini. Dan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini mulai menilik pada metode ni dan sedikit demi sedikit mulai diterapkan oleh kurang lebih 6 PTN & PTS termasuk Universitas Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA).
1. Dalam metode pengajaran baru fakultas kedokteran diterapkan dengan metode PBL..
Apakah PBL itu?
• PBL adalah metode pendidikan yang mendorong siswa untuk mengenal cara belajar dan bekerjasama secara kelompok untuk mencari penyelesaian masalah dari kenyataan yang ada dalam upaya mengmbangkan ilmu dan kemahiran dalam menyelesaikan masalah. ( Mayo et al )
2. Mengapa harus PBL?
PBL dianggap sebagai sebuah metode pembelajaran yang paling efektif di fakultas kedokteran. Sebagai bukti, PBL telah dipergunakan sejak lama oleh beberapa FK di seluruh dunia sejak tahun 1960an.
PBL diperlukan meninjau pada dua alasan yakni :
1. Letupan pengetahuan yang cepat dan tak terduga.
2. Teknologi dan social yang semakin kompleks
Adapun pertimbangan UNISSULA memakai sistem PBL:
ü Sebagai penyesuaian sistem belajar dengan standar pendidikan kedokteran internasional WFME (World Federation Medical Education).
ü Guna meningatkan mutu lulusan sesuai dengan KBK. Agar nantinya tidak kalah dengan lulusan FK lainnya karena adanya kesesuaian dari tiap FK untuk mengolah mutu.
ü Menyiapkan lulusan agar dapat bersaing di era globalisasi.
3. Kalau begitu, apa keuntungan menggunakan sistem PBL?
v Mendorong belajar akif, mengembangkan pemahaman dan keterampilan belajar sepanjang hayat.
v Dalam kompetisi umum PBL mengajak mahasiswa untuk membangun keterampilan umum dan tingkah laku untuk praktek di masa depan.
v Memberi motivasi untuk selalu kritis dan aktif serta bersemangat memecahkan problem dengan sebaik mungkin.
v Membiasakan mahasiswa untuk selalu menggunakan prior knowledge dalam rangka membangun konsep baru yang menarik dengan didukung PK yang dimiliki.
v Mengajak belajar dengan pemahaman bukan hanya sekedar menghapal.
4. Dalam menerapkan sistem belajar, seorang mahasiswa tentunya harus mempunyai teknik belajar yang tepat dan mendukung. Apa saja itu?
Ada banyak hal yang dapat menunjangnya, namun secara garis besar ada 4 hal yang dibutuhkan mahasiswa dalam PBL yaitu:
q Independent Learning (belajar mandiri): mahasiswa dipersilakan belajar secara mandiri (mulai dari menganalisis, mencari dan memutuskan dengan kemampuan sendiri).
q Self directed learning : mampu mengatur kebutuhan dirinya akan pembelajaran (merasa nyaman dalam belajar, mampu mencari kesempatan untuk belajar, tahu bagaimana belajar yang terbaik, mampu mencari strategi belajar terbaik yang dapat digunakan, tahu dan paham betul bahwa belaar adalah suatu kebutuhan
q Deep learning : pendalaman dan pemahaman dalam pembelajaran
q Long life learning : selalu berusaha untuk belajar dari buaian ibu hingga tutup usia (sesuai sunah Rasulullah untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina).

5. Bagaimana peranan Islam dalam PBL?
• Islam sebagai agama yang selalu memerintahkan belajar bagi umatnya sehingga semua ajaran Islam sama sekali tidak bertentangan dengan ilmu / logika. Selain itu, sunah Rasullullah untuk selalu menuntut ilmu setinggi-tingginya (dalam istilahnya ‘’sampai ke negeri Cina’’).
• Dapat dibuktikan dalam wahyu yang pertama kali turun adalah surat Al-Alaq 1-5 dalam ayat pertamanya ‘’Iqro’’ yang artinya ‘’baca’’. Hal ini menunjukkan betapa Islam sangat menjunjung ilmu dengan perintahnya untuk membaca (termasuk Al-Quran) sebagai sarana belajar.
• Selain itu, Islam sebagai pedoman untuk menuntut ilmu yaitu sebagai landasan iman dan taqwa yang menjadi modal pertama dan utama seseorang dalam menuntut ilmu.

6. Tips agar berhasil dalam pembelajaran PBL:
• Tetapkan niat untuk belajar dengan tujuan ibadah pada Allah
• Gunakan 7 jump steps untuk memecahkan persoalan, meliputi:
Ø Mencari terminologi dari istilah dan kata yang belum dimengerti dari skenario
Ø Memunculkan masalah-masalah di seputar skenario
Ø Mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan PK yang dimiliki
Ø Membuat learning issue (masalah yang belum dapat diselesaikan)
Ø Menyusun skema (penjelasan sistematis) persoalan tersebut
Ø Belajar mandiri mencari informasi untuk menjawab learning isssue
Ø Mengumpulkan info dari tiap individu, sintesis & diskusikan lalu buat kesimpulan akhir
• Meningkatkan prinsip kritis, bertanggung jawab, mandiri, cakap dan disiplin
• Mendengarkan kuliah dengan seksama
• Mengumpulkan tugas tepat waktu
• Sopan dan santun
7. Sebagai produk buatan manusia, pastilah sistem PBL ini mempunyai beberapa kekurangan di balik segala kelebihannya, antara lain:
• Tutor tidak dapat mengajari dengan aktif
• Akan lebih banyak staff (individu) yang terlibat pada proses pembelajaran
• Banyaknya sumber informasi yang belum tentu kebenarannya (overload Info)
• Kurangnya pengetahuan yang dimiliki mahasiswa apabila mahasiswa pasif
• Terjadi kekurangan sumber belajar sebagai akibat dari kaktifan mahasiswa.
Aktivasi priorknowlegne dengan KWL (know,want to know, learn)
Priorknowledge adalah pengetahuan yang telah dimiliki oleh seseorang yang akan sangat membantunya dalam memahami infomasi yang baru diperolehnya
Hal itu dipraktekan dengan membuat table KWL.
Langkah-langkah belajar efektif
Ada 4 faktor yang mendukung berlangsungnya belajar efektif
1. kemandirian dalam belajar
2. kemampuan untuk mengatur diri dan mengelola kegiatan belajar.
3. terlibat aktif dalam keseluruhan kegiatan belajar.
4. menerapkan konsep deep approarch atau belajar dengan cara memahami.
Concept mapping
Apakah yang dimaksud dengan konsep mapping?
Consep mapping adalah cara untuk mempresentasikan atau menampilkan pemahaman dan pengetahuan secara visual.
Mengapa Consep mapping sangat berguna bagi mahasiswa ?
1. consep mapping dapat membantu dalam kegiatan belajar
2. membantu kegiatan brainstorming
cara –cara memahami isi pokok bahasan
1. memfokuskan diri pada tujuan dari pokok bahasan tersebut.
2. membuat pertanyaan-pertanyaan.
3. mmfokuskan diri pada informasi dalam bab tersebut.
4. memfokuskan diri pada simpulan.
5. membuat asumsi.
6. mencari konsep yang dapat dipelajaripada pokok bahasan.
7. implikasi.
8. menentukan sudut pandang penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar